I. PENDAHULUAN
Model adalah penyederhanaan dari sesuatu. Model mewakili sejumlah objek ayau aktivitas yang disebut dengan entitas/ entity. Hal ini sangat diperlukan manajer dalam memecahkan permasalahan.
II. PEMBAHASAN
Model system umum perusahaan adalah penyederhanaan dari suatu objek. Model mewakili sejumlah objek atau aktifitas yang disebut entitas.
Jenis-jenis model :
- Model Fisik : Penggambaran entitas dalam bentuk 3 dimensi
- Model Naratif : Menggambarkan entitas secara lisan atau tulisan
- Model Grafik : Menggambarkaan entitas dengan sejumlah garis atau symbol
- Model Matematika : Sebagian besar perhatian dalam pembuatan bisnis (business madeling) saat ini tertuju pada model matematika. Keunggulannya, ketelitiannya dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek.
Kegunaan model:
- Mempermudah pengertian, suatu model pasti lebih sederhana daripada entitasnya. Entitas lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya disajikan dalam cara yang sederhana
- Mempermudah Komunikasi, setelah problem solver mengerti entitasnya, pengertian itu sering pula dikomunikasikan pada orang lain.
- Memperkirakan Masa Depan, ketelitian dalam menggambarkan entitas membuat model matematika dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat disediakan model-model jenis lain.
MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAN
Pendekatan Sistem
manajer terlibat dalam pemecahan masalah untuk pengembalian keputusan yang efektif dan efesien. Sistem konseptual adalah suatu sistem pemecahan masalah yang terdiri dari manajer, informasi, dan standar. dua elemen lain masuk dalam proses perubahan masalah menjadi solusi (solusi alternatif dan kendala)
Tahapan Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Pendekatan Sistem.
- Usaha Persiapan
- Memandang perusahaan sebagai suatu sistem
- Mengenal sistem lingkungan
- Mengidentifikasikan subsistem perusahaan
- Bergerak dari tingkat sistem ke subsistem, tujuannya : mengidentifikasi tingkat sistem tempat persoalan berada.
- Menganalisis bagian-bagian sistem dalam suatu urutan tertentu :
- Membandingkan output dengan standar
- Mengevaluasi manajemen
- Mengevaluasi pemroses informasi
- Mengevaluasi input dan sumber daya input
- Mengevaluasi proses
- Mengevaluasi sumber daya output
III. KESIMPULAN
IV. DAFTAR PUSTAKA
McLeod, Raymond, Management Information System, 7th ed., Prentice Hall, New Jersey, 1998.
McNurlin, Barbara C,; Sparague, Ralph H Jr., Information Systems Management in Practice, 4th ed., Prentice Hall, New Jersey, 1998
Tidak ada komentar:
Posting Komentar