Senin, 14 November 2011

Pendekatan Sistem Dalam Memecahkan Masalah dan Membuat Keputusan

I.   PENDAHULUAN


Masalah tidak dapat dipungkiri akan tetap ada dimanapun, apalagi dalam perusahaan, maka dari itu pentingnya mengetahui bagaimana cara kita dalam menghadapi dan memecahkan masalah khususnya bagi para manajer dalam mengambil keputusan. Di sini akan dijelaskan beberapa hal mengenai pendekatan sistem dalam pemecahan masalah dan membuat keputusan

II.  PEMBAHASAN
  • Pendekatan Sistem
Pentingnya pemecahan masalah bukan didasarkan pada jumlah waktu yang  pada konsekuensinya. Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah adalah tindakan memilih strategi yang diyakini manajer akan solusi terbaik atas masalah yang sedang dihadapi. Hal terpenting dalam pemecahan masalah adalah mengenali berbagai alternatif keputusan.

Pendekatan sistem adalah kerangka kerja yang dianjurkan untuk penggunaan komputer, serangkaian langkah-langkah pemecahan masalah tersebut terlebih dahulu di pahami, lalu mempertimbangkan dan memilih solusi alternatif dan melaksanakan solusi tersebut. Dalam bukunya tahun 1910, John Dewey seorang professor filosofi di Columbia University mengidentifikasi tiga seri penilaian yang terlibat dalam memecahkan masalah suatu konversi secara memadai

Sistem informasi berbasis komputer atau CBIS dapat digunakan sebagai sistem dukungan (support systems) dalam menerapkan pendekatan sistem.
  •  Faktor Manusia Yang Mempengaruhi Pemecahan Masalah
Tiap manajer memiliki gaya pemecahan masalah yang unik. Gaya mereka mempengaruhi bagaimana mereka terlibat dalam merasakan masalah, mengumpulkan informasi, dan menggunakan informasi.
  • Merasakan masalah
Manajer dapat dibagi dalam tiga kategori dasar dalam hal gaya merasakan masalah (problem solving styles) mereka, yaitu bagaimana mereka menghadapi masalah.
- Penghindar masalah (problem avoider), manajer ini mengambil sikap positif dan menganggap bahwa semua baik-baik saja. Ia berusaha menghalangi kemungkinan masalah dengan mengabaikan informasi atau menghindarinya sepanjang perencanaan.
- Pemecah masalah (problem solver), manajer ini tidak mencari masalah juga tidak menghalanginya. Jika timbul suatu masalah, masalah tersebut dipecahkan.
- Pencari masalah (problem seeker), manajer ini menikmati pemecahan masalah dan mencarinya.
  • Mengumpulkan informasi
Para manajer dapat menunjukkan salah satu dari dua gaya mengumpulkan informasi (information-gathering styles) atau sikap terhadap total volume informasi yang tersedia bagi mereka.
- Gaya teratur (preceptive style), manajer jenis ini mengikuti management by exception dan menyaring segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan area minatnya.
- Gaya menerima (receptive style), manajer jenis ini ingin melihat semuanya, kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai baginya atau orang lain dalam organisasi.
  • Menggunakan informasi
Manajer juga cenderung lebih menyukai salah satu dari dua gaya menggunakan informasi (information-using styles), yaitu cara-cara menggunakan informasi untuk memecahkan suatu masalah.
- Gaya sistematik (systematic style), manajer memberi perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang telah ditetapkan, misalnya pendekatan sistem.
- Gaya intuitif (intuitive style), manajer tidak lebih menyukai suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan pendekatan dengan situasi.

III. KESIMPULAN

Dapat disimpulkan Pendekatan sistem dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan ini sangat berperan penting dalam kelangsungan dan kemajuan perusahaan. Ini merupakan tugas bagi para manajer agar dapat lebih mengenali langkah-langkah pengambilan keputusan yang baik.

IV. DAFTAR PUSTAKA
  • http://imam.staff.gunadarma.ac.id
  • http://wahyu410.wordpress.com/2010/10/20/pendekatan-sistem-dalam-memecahkan-masalah-dan-membuat-keputusan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar